Selamat Hari Batik Indonesiaku

Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol budaya. Batik menjadi salah satu pakaian kebudayaan yang awalnya hanya di peruntukan untuk kalangan terbatas seperti keluarga raja serta para pengikutnya. Tapi dengan berjalannya waktu Batik menjadian pakaian resmi masyarakat yang simpel dan terlihat elegant dengan menampilkan kultur budaya masing-masing daerah untuk dipakai menghadiri berbagai acara resmi.

Hari ini, 2 Oktober menjadi Hari Batik Nasional yang di peringati setiap tahunnya yang mana Pada 2 Oktober 2009 atau 11 tahun yang lalu, batik ditetapkan sebagai warisan budaya indonesia pada sidang UNESCO di Abu Dhabi, penetapan itu merupakan ketiga kalinya bagi Indonesia setelah Keris dan Wayang yang terlebih dahulu di tetapkan UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya milik Indonesia.

Peringatan Hari Batik Nasional umumnya ditandai dengan instansi pemerintahan atau swasta mewajibkan pegawainya untuk memakai baju batik. Dalam hiruk pikuk di negeri Indonesia saat ini Batik secara tidak langsung menjadi  salah satu simbol pemersatu perbedaan ras, suku, dan agama, “Selamat Hari Batik Nasional untuk Indonesiaku”.(KH)

“Ini Batik Kami, Mana Batik Kalian”

Leave a Reply

Your email address will not be published.