Munas IX LDII 2021 Dibuka, Ini Pesan dari Presiden

PALANGKA RAYA – Musyawarah Nasional (Munas)  IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2021 dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara daring dari Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kegiatan ini juga diikuti DPW LDII Kalimantan Tengah (Kalteng)  di Aula Serba Guna Masjid Jamiatul Amaliyah Palangka Raya.

Di depan para peserta yang mengikuti pidato pembukaan secara daring, Jokowi mengingatkan Ormas Islam mengembangkan dan melaksanakan moderasi beragama.

“Kita patut bersyukur menerima warisan berupa Bhinneka Tunggal Ika dari para pendiri bangsa, meskipun berbeda-beda suku, bangsa, dan berbeda dalam pandangan agama, tapi tetap saling menghormati, bersatu, rukun, dan bersama-sama bergotong royong,” ujar Jokowi. Presiden juga mengigatkan pentingnya toleransi dalam beragama.

“Sikap toleran adalah sebuah keharusan. Saling menghargai segala perbedaan termasuk perbedaan keyakinan. Saling menghormati dan belajar dari orang lain, sehingga tercapai kesamaan sikap yang saling menghormati dalam perbedaan-perbedaan,” kata Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh jajaran dan pimpinan serta keluarga besar LDII untuk selalu menyuarakan dan meningkatkan toleransi dalam kehidupan sosial keagamaan. mengedepankan keterbukaan dalam segala perbedaan, agar bisa bergaul dan bergotong-royong termasuk dalam pandangan keagamaan.

“Sikap tertutup, sikap eksklusif adalah sikap yang tidak sesuai dengan bhinneka tunggal ika. Sikap tertutup akan memicu dan meningkatkan intoleransi, akan merusak sendi-sendi kebangsaan kita. Praktek-praktek keagamaan yang eksklusif, yang tertutup harus kita hindari karena sikap ini pasti akan memicu penolakan-penolakan, dan akan menimbulkan pertentangan-pertentangan,” jelas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.