Ramadhan Mendekat, Ibadah Meningkat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOhmWf1LJdx9XGZvmpvmwi0KBdLUuotFulmYJilCFezDrwOmBAMg6glRWv8lcdtWF3K42vYGJNP_a2aOj-88z-32YJk2e9GrN1JsMlSWr1cvkSF88IfLMXF54fG9TzUHVIiHMdVLUrI7D5Qrzj2Hllmn5bbdo_dOC2jvhlhD9ejeHPmhV4hKHrbmfk2Q/s2685/Ramadhan%20Mendekat,%20Ibadah%20Meningkat.jpg

Sukses Puasa


Pada bulan Ramadhan ini Allah telah mewajibkan kita orang iman untuk berpuasa. Allah berfirman:

 تَتَّقُونَ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu sekalian bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Ini harus kita sukseskan karena keutamannya luar biasa, yaitu pertama, puasa merupakan kemajiban bagi kita. Kedua, dengan puasa Allah mengampuni semua dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala dari Allah, maka diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya.” [HR. Bukhari]

Ini menunjukkan bulan Ramadhan ialah bulan penuh ampunan, betapa ruginya kalau kita puasa ternyata dosa kita tidak diampuni oleh Allah, maka rugi besar bagi kita. Waktu puasa ternyata tidak menetapi kewajiban atau melanggar aturan-aturan orang yang berpuasa, seperti ketika berpuasa masih berani berucap dusta, berani berbuat maksiat, walaupun dia berpuasa tetapi puasanya tidak sukses.

Oleh karena itu marilah kita sukseskan puasa Ramadhan ini dengan puasa yang benar-benar mendapat pahala dari Allah, tidak hanya sekedar menahan lapar, tidak hanya menahan dahaga, akan tetapi lebih dari itu kita harus juga menahan hawa nafsu  bisa menjaga diri dari kemaksiatan sehingga sukseslah puasa kita. Kita mendapat pahala, ampunan, serta kerahmatan dari Allah sehingga kita akan menjadi orang yang bertaqwa di sisi Allah.

Sukses Shalat Sunah Tarawih  


Sudah kita ketahui bersama bahwa Rasulullah SAW ketika pada bulan Ramadhan meningkatkan ibadahnya. Di antara ibadah Rasulullah SAW yang dikerjakan ialah ibadah shalat malam atau dikenal dengan shalat tarawih. Shalat tarawih telah mempunyai beberapa keutamaan dimana Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang berdiri shalat sunah (melaksanakan shalat tarawih) pada bulan Ramadhan dengan dasar iman dan niat untuk mencari pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lewat akan diampuni oleh Allah.”

Allah tidak hanya mengampuni dosa-dosa kita satu tahun, dua tahun, atau lima tahun yang terdahulu, akan tetapi Allah akan mengampuni semua dosa-dosa kita yang telah lampau. Oleh karena itu marilah kita semua yang diberi kesempatan oleh Allah bisa menjumpai bulan Ramadhan ini kita laksanakan betul shalat tarawih dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.