LDII Kalbar Serahkan Bibit, Apresiasi Mencegah Karhutla

LDII Kalteng-KUBU RAYA. Mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) membutuhkan kerjasama semua pihak, maka apapun usaha untuk mencegah patut diapresiasi.

Apresiasi Warga Cegah Karhutla, LDII Kalbar Serahkan Bibit

Hal itu dikatakan Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto   saat menyerahkan bantuan bibit pohon produktif kepada warga di Dusun Sidomulyo, Desa Limbung Kubu Raya, 31 Maret 2022.

“Secara kelembagaan, ditengah ancaman karhutla yang cukup besar, saya sebagai Ketua LDII Kalbar mengapresiasi dan terima kasih atas tindakan warga dalam mencegahnya,” ujarnya.

Apapun usaha warga dalam mencegah terjadinya karhutla menurutnya patut diapresiasi, dan disupport. “Kubu Raya rawan terjadi karhutla, maka LDII sebagai lembaga dakwah yang juga concern terhadap perbaikan lingkungan merasa senang, dengan apa yang dilakukan warga Dusuh Sidomulyo, mengingat wilayah ini tidak jauh dari fasilitas Bandara Internasional Supadio, yang kerap terganggu saat terjadi Karhutla,” tegas Susanto.

Lanjut dia, LDII Kalbar akan terus melakukan kerjasama dengan seluruh komponen untuk mencegah karhutla. “LDII menjadi bagian yang akan terus mengedukasi  dan mengajak warga untuk peduli lingkungan. Inilah peran kami, dengan harapan kesadaran warga tumbuh sehingga kelestarian lingkungan terjaga,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, lanjut Susanto juga menyampaikan terima kasih kepada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Kapuas yang memberikan support bibit untuk warga. “Bibit yang kami sampaikan hari ini adalah bentuk support dari BPDAS HL Kapuas. Maka kami ucapkan terima kasih atas dukungannya,” tambahnya.

Semangat Jaga Lingkungan

Sedangkan Suyono seorang warga Sidomulyo mengaku senang atas bantuan bibit ini dan berjanji akan merawatnya. “Bantuan ini sangat berharga bagi kami,  dan insya Allah kami rawat dengan baik,” ujarnya.

Dirinya juga menyambut baik ajakan LDII untuk menjaga lingkungan dengan mencegah agar tidak terjadi karhutla. “Kami warga tidak mengira jika diapresiasi dengan bantuan bibit. Maka ajakan dan bantuan LDII akan menjadi semangat bagi warga untuk lebih peduli lingkungan,” kata Suyono.

Adapun bibit yang diserahkan sebanyak 3500 pohon yang terdiri dari Petai, Jengkol, Durian dan Sirsak. (lines/*).

Leave a Reply

Your email address will not be published.