Tutup CAI 2022, Bupati Kotim Apresiasi Kontribusi LDII Membangun Karakter Generasi Muda

SAMPIT– Bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor, SH MM secara resmi menutup perhelatan perkemahan akhir tahun pelajaran Cinta Alam Indonesia (CAI) tahun 2022 pada Minggu (31/7).

“Atas nama kepala daerah kabupaten Kotawaringin Timur menyampaikan ucapan terimakasih, penghargaan dan apresiasi kepada LDII Kotawaringin Timur yang telah membantu pemerintah dalam hal dakwah,” ucap Halikinnor saat memberikan sambutan penutupan.
Terlebih lagi, lanjut Bupati Kotim, dalam kesempatan tersebut LDII juga telah dapat menyelenggarakan kegiatan berupa cinta alam Indonesia. “Tema kekeluargaan, kerukunan, cinta sesama manusia dan alam lingkungan, artinya hablumminallah hablumminannas,” katanya.

Ia berharap kegiatan CAI dapat dilanjutkan secara berkesinambungan di masa akan datang. Selain sebagai ajang silaturahmi, acara tersebut juga melatih generasi muda mandiri dan peduli terhadap lingkungan. Hal ini merupakan bagian dari membangun karakter generasi muda sejak dini.

“Kalo tidak serakah, maka kita akan dijaga oleh alam, dan Allah akan menurunkan rahmat Nya. Acara ini supaya dikembangkan dan dapat diikuti peserta yang lebih banyak lagi,” ungkapnya.
Bupati Halikinnor juga menyinggung pentingnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM), “Kita membangun jalan bisa sampai puluhan milyar, tapi membangun SDM sepertinya sulit. Padahal SDM itu sangat penting,” ucapnya.

Ia mengambil contoh negara Jepang, setelahnya Hisroshima dan Nagasaki dibom, negara mengumpulkan guru-guru dan orang pintar. Sehingga walaupun Jepang minim sumber daya alam tapi bisa menjadi negara maju di dunia.

“Tidak ada kata terlambat, mari kita bersama-sama membangun pendidikan serta infrastrukturnya. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi tanggung jawab kita semua. Terlebih LDII dalam bidang dakwahnya,” pungkasnya.

Ketua DPD LDII Kotim menyerahkan kenang-kenangan kepada Bupati Kotim Halikinnor.

Sementara itu ketua DPD LDII Kotawaringin Timur Dasuki, SPd mengatakan bahwa kegiatan CAI merupakan agenda rutin tahunan. “Secara nasional diselenggarakan tiap liburan semester sekolah. Adapun penyelenggaran di daerah menyesuaikan situasi, kondisi dan waktu,” katanya.

Pembinaan terhadap generasi muda tersebut bertujuan membentuk insan profesional religus. “Mereka dikumpulkan diberikan arahan dan bimbingan bagaimana cara menjadi pemuda-pemudi yang alim/fakih, berakhlakul karimah dan mandiri,” jelasnya.

Ketua Panitia, Rihan Hamdan, SKom mengatakan, pelaksanaan kegiatan CAI LDII Kotim tahun 2022 berlangsung sejak tanggal 28-31 Juli 2022. Bertempat di halaman masjid Barokah Sampit.

“Diikuti lebih dari seratus orang peserta. Utusan generasi muda dari pimpinan cabang LDII di Kotawaringin Timur. Termasuk beberapa orang dari Kabupaten Katingan dan Seruyan,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut jajaran dewan penasehat, pengurus harian LDII Kotim, warga dan tokoh masyarakat, tokoh agama serta tamu undangan lainnya. (ps/kim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.